8 Keutamaan dan Keistimewaan Shalat Subuh

Keutamaan dan keistimewaan shalat subuh sangatlah banyak jika kita baca atau dengar dari ceramah para ulama.

 

8 Keutamaan dan keistimewaan shalat  subuh
image: freepik.com | edit: islamrukun.com

Keutamaan dan keistimewaan shalat  subuh sangatlah banyak jika kita baca atau dengar dari ceramah para ulama. Ada pepatah bijak mengatakan, waktu subuh adalah waktu yang baik untuk memulai semua aktivitas pada hari itu.

Dengan begitu banyak keberkahan dan banyak rahasia Allah. Dikutip dari berbagai macam referensi islam, maka berikut ini merupakan 8 keutamaan shalat subuh.

8 keutamaan dan keistimewaan:

1. Mendapatkan Pahala Shalat  Malam

Bila kita melakukan shalat  subuh berjamah, maka kita akan memperoleh pahala shalat  malam dari isya hingga subuh.

Walaupun kita tidak melakukan shalat  malam sepanjang malam itu, kita tidur dari setelah Isya hingga subuh, tetapi kita bangun dan melaksanakan shalat  subuh berjamaah, maka kita akan memperoleh ganjaran pahala setara shalat  sepanjang malam.

Dari Utsman bin Affan RA, beliau mengatakan, Rasulullah Saw. bersabda, “ Siapa yang shalat  Isya berjamaah, seakan- akan dia sudah shalat  malam separuh malam. Dan siapa yang melaksanakan shalat  Subuh berjamaah, seakan ia sudah shalat  sepanjang malamnya.” (HR. At-Tirmidzi 205)

2. Mendapat Cahaya di Yaumul Kiamah (Hari Kiamat)

Apabila kita melakukan shalat  subuh berjamaah di masjid, maka kita diberikan cahaya di hari yaumul kiamah. Melakukan shalat  subuh berjamaah di masjid ialah indikasi orang yang beriman dan rajin.

Dalam suatu hadits dijabarkan:

Dari Buraidah al- Aslami, dari Rasul Shallallahu‘ alaihi wa sallam, ia bersabda, “ Sebarkanlah berita bahagia bagi orang-orang yang berjalan ke masjid dalam kondisi masih gelap (malam menjelang fajar), sesungguhnya nanti dia akan diberikan cahaya sempurna pada hari yaumul kiamah.” (HR. Abu Dawud dan at- Tirmidzi)

3. Mendapatkan Perlindungan Allah Sepanjang Hari

Apabila kita melakukan shalat  subuh berjamaah di masjid, maka kita akan memperoleh perlindungan Allah Swt. dari pagi hingga malam hari.

Pada saat kita melakukan shalat  subuh berjamaah di masjid, kita tidak akan pernah memusingkan permasalahan yang kita hadapi, kita akan selalu aman dalam naungan Allah Swt.

Dari Jundab bin Abdullah RA, beliau mengatakan, Rasulullah Shallallahu‘ alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang shalat  subuh berjamaah, beliau akan mendapatkan dan selalu berada dalam lindungan Allah.” ( HR. Muslim)

4. Memperoleh Surga

Apabila kita melakukan shalat  subuh berjamaah, maka kita akan memperoleh ganjaran surga dari Allah.

Dari Abu Musa Radhiyallahu‘ anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu‘ alaihi wa sallam bersabda,“ Barangsiapa melaksanakan shalat  bardain (yakni shalat  subuh dan shalat  ashar), maka dia akan masuk surga.” ( HR. Al- Bukhari - Muslim)

5. Diberi oleh Allah Pahala Shalat  Fajar

Apabila kita menunaikan 2 rakaat shalat  sunah waktu fajar (shalat  sunnah qabliyah subuh), maka keistimewaannya melebihi dari dunia bersama isinya. Shalat  sunnah ini ialah salah satu ibadah yang amat dipelihara oleh Rasulullah Saw.

Rasulullah Shallallahu‘ alaihi wa sallam bersabda, “Dua rakaat fajar lebih baik dari dunia dan isinya.” (HR. Muslim)

Yang dikatakan shalat  dua rakaat fajar ialah shalat  antar waktu sehabis adzan dan sebelum shalat  subuh. Ganjaran yang diperoleh dari ibadah sunnahnya in saja telah luar biasa, terlebih lagi dengan ibadah yang wajib.

6. Disaksikan Malaikat

Pada saat kita shalat  subuh berjamaah, para malaikat akan menyaksikan shalat  subuh kita. Perihal ini diterangkan dalam QS. al- Israa 78: “ Sesungguhnya shalat  subuh itu disaksikan oleh malaikat.”

Dengan sedemikian itu kita akan merasa ruhani dan hati kita lebih tentram, nyaman, dan nikmat dikala kita melakukan shalat  subuh berjamaah.

7. Didoakan oleh 2 Malaikat

Didoakan oleh malaikat untuk orang yang bersedekat dan beramal di waktu pagi hari (subuh).

Seperti yang diuraikan dalam hadits riwayat Imam al- Bukhari dan Mukmin, terdapat 2 malaikat yang turun dan berdoa untuk orang-orang yang melakukan ibadah di pagi hari.

Malaikat pertama berdoa:

Ya Allah, berikanlah ganti dan keberkahan untuk orang yang berinfak (ibadah/sedekat).

Malaikat kedua berdoa:

Ya Allah, berikanlah kemusnahan untuk orang-orang yang pelit (kikir).

8. Mendapat Rezeki Berlimpah dan Keberkahan

Bila kita melakukan ibadah di waktu subuh, maka kita akan memperoleh rezeki berlimpah dan keberkahan dari Allah Subhanahu wa Ta’ ala.

Dari Shakhr al- Ghamidi, dari Rasul Shallallahu‘ alaihi wa sallam,bersabda, “ Ya Allah, berkahilah umatku di pagi harinya).” ( HR. Abu Dawud)

Keberkahan tidak akan pernah dibagikan untuk orang yang malas. Imam Ibnul Qayyim mengatakan,“ Tidur di saat subuh akan memghambat datangnya rezeki. Sebab waktu itu merupakan waktu turun dan pemberian rezeki, dan turunnya keberkahan.“

Wallahu, seperti itulah beberapa keutamaan dan keistimewaan yang luar biasa ibadah di waktu subuh, Mudah-mudahan Allah akan selalu melimbahkan keberkahan dan memberikan keistiqamahan pada kita untuk melaksanakan segala perintah-Nya.