Hikmah-hikmah Puasa Ramadan bagi Kehidupan

Hikmah Puasa adalah salah satu ibadah yang termasuk dalam rukun islam dan setiap umat islam wajib melaksanakan puasa di bulan ramadan.

Hikmah-hikmah Puasa Ramadan
sumber gambar: freepik.com | edit: islamrukun.com

Hikmah Puasa adalah salah satu ibadah yang termasuk dalam rukun islam dan setiap umat islam wajib melaksanakan puasa di bulan ramadan. Dengan melaksanakannya maka seseorang dapat terhindar dari dosa dani siksa api neraka kelak.

Puasa ramadan selain merupakan ibadah wajib, ia juga amalan baik bila dilakukan dengan niat baik. Berikut hikmah puasa ramadan yang harus diketahui.

Meningkatkan ketakwaan dalam diri seseorang kepada Allah Swt.

Dengan menjalankan ibadah puasa Ramadan dengan baik dan benar, yaitu dengan tata cara yang telah disyariatkan islam, maka akan dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan dalam diri seseorang. Selain itu, akan dapat menanbah ketabaha dan ketangguhannya dalam menghadapi segala cobaan dan permasalaahn hidup yang sedang menimpanya.

Membentuk Akhlaqul Karimah

Dengan menjalankan puasa Ramadan, seorang insan akan terdidik untuk selalu berbuat hal-hal yang baik dan mulia, karena selama berpuasa ia terbiasa menghindari kemaksiatan dan sifat kemungkaran yang bisa membatalkan puasanya. Dengan begitu setiap insan akan dapat mengubah serta melengkapi akhak dalam kehidupannya kepada tingkat yang lebih baik lagi.

Melatih kesabaran

Pada dasarnya, puasa adalah salah satu usaha untuk meningkatkan kesabaran alam bentuk amalan batin dan bukan amalan yang semata-mata agar dilihat oleh banyak orang, dimana kesempurnaan puasa seseorang hanya bisa dilihat oleh dirinya sendiri dan Allah SWT. Dengan menjalankan ibadah puasa, merupakan suatu jalan untuk mengekang diri dari perbuatan-perbuatan yang dapat membatalkannya.

Dengan kata lain, puasa dapat melatih kesabaran dalam diri seseorang atau sebagai latihan untuk meningkatkan ketabahan dalam diri seseorang, khususnya dalam menahan dorongan hawa nafsu untuk melakukan hal-hal yang terlarang. Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Baihaqi, Rasulullah Nabi Muhammad Saw. pernah bersabda yang artinya

“Puasa adalah separuh kesabaran, dan kesabaran itu separuh iman.”

Dapat mengembangkan nilai-nilai sosial

Dengan menjalankan puasa Ramadan, akan dapat mendidik setiap insan untuk lebih menghargai serta merasakan jerih payah yang dilakukan oleh orang lain. Dengan begitu akan dapat melahirkan sifat persaudaraan serta kehidupan bermasyarakat yang lebih baik.

Membiasakan diri untuk menerapkan hidup hemat

Sering kita jumpai kebiasaan-kebiasaan yang berlaku di dalam masyarakat, di mana mereka akan menyiapkan beraneka ragam jenis makanan untuk menyambut datangnya waktu berbuka puasa. Padahal ketika waktu berbuka telah tiba, justru hanya sedikit makanan saja yang dapat kita makan. Sehingga hal tersebut akan membuat makanan-makanan yang tidak termakan menjadi sia-sia atau mubadzir.

Dapat mempengaruhi kondisi fisik seseorang

Setiap insan akan dididik untuk mengistirahatkan anggota badan terutama organ-organ pencernakan selama ia menjalankan puasa. Dengan demikian, hal tersebut akan memabntu dalam membentuk badan sehingga menjadi lebih kuat dan segar kembali

Menumbuhkan rasa syukur dalam diri seseorang

Berpuasa akan dapat meningkatkan rasa syukur kita pada Allah SWT atas segala nikmat yang telah Ia berikan selama ini kepada kita,  dan dengan melakukan puasa, setiap insan akan dilatih untuk dapat merasakan penderitaan orang lain. Misalnya saja belum tentu orang lain bisa menikmati makanan dan minuman yang dapat kita nikmati saat perut kita terasa lapar, kita masih bisa berobat ke dokter pada saat kita sedang sakit, sementara orang lain belum tentu bisa melakukannya, dan lain sebagainya.

Dapat membersihkan diri dari dosa-dosa yang pernah dilakukan

Dengan berpuasa, maka seseorang akan lebih berhati-hati dalam bertindak, terutama segala perbuatan yang dapat menimbulkan dosa. Kita akan terbiasa serta terlatih untuk melakukan perbuatan-perbuatan baik dan menghindari segala perbuatan dosa sehingga kita senantiasa dapat terbersihkan dari perbuatan dosa.

Begitulah hikmah-hikmah puasa ramadan, semoga kita selalu semangat dalam menyambut dan menjalankan semua rangkaian ibadah dalam bulan suci ramadan.